Teknik Bioproses


TEP j

Heloo gaess… Aku seneng banget hari ini, akhirnya berhasil masuk di universitas impian, Brawijaya! Jreeeng jeeeng jeeeng….\(^o^)/ Setelah gagal 7x mendaftar berbagai universitas, akhirnya diujian tulis SPMK yang terakhir ini Allah mengabulkan keinginanku. Senang deh rasanya. Meskipun gak masuk jurusan yang sesuai rencana awal (Farmasi), tapi jurusan yang aku dapatkan ini gak kalah serunya. Emang sih rada ribet ngejelasinnya, waktu big boss-ku nanya Apa itu teknik Bioprosess? Mending kamu ambil aja tuh teknik sipil yang lebih menjamin (Maklum jiwa PNS gan (=_=)’hahaha… ). Begini, Sebenarnya aku juga baru tahu mengenai prodi T. bioproses di Universitas Brawijaya ini,yang notabenenya masuk dalam fakultas teknologi Pertanian (Jangan bayangin sawah aja donk, pertanian yang gimana dulu…?!)…

Ini ada referensi dari Om Wiki, Cekidotz:

“Teknik bioproses atau teknik biokimia (Bahasa Inggris: biochemical engineering) adalah cabang ilmu dari teknik kimia yang berhubungan dengan perancangan dan konstruksi proses produksi yang melibatkan agen biologi. Agensia biologis dapat berupa mikroorganisme atau enzim yang dihasilkan oleh mikroorganisme.[1] Mikroorganisme yang digunakan pada umumnya berupa bakteri, khamir, atau kapang.[1] Teknik bioproses biasanya diajarkan sebagai suplemen teknik kimia karena persamaan mendasar yang dimiliki keduanya.[2] Kesamaan ini meliputi ilmu dasar keduanya dan teknik penyelesaian masalah yang digunakan kedua jurusan. Aplikasi dari teknik bioproses dijumpai pada industri obat-obatan, bioteknologi, dan industri pengolahan air.[2]” selengkapnya cek TKP aja gan di sini

Jadi kesimpulannya Teknik Bioproses dan Biokimia itu sama aja, cuma bahasanya aja yang beda, sama seperti kata “lentur” dan “elastis”..

Nah kalau yang ini referensi dari senior (Gak kenal sih,berhubung dia juga jurusan T.bioprosess, bedanya dia kuliah di UI.heheheh) Setelah baca blognya disini aku jadi berminat rubah halwan.Toh T.bioprosess gak semahal Farmasi or T. Kimia yang udah eksis itu, jadi bisa meringankan beban ortu hehe *Lingkaran cincin dikelapaku halaaah)

Teknologi bioproses adalah teknologi yang berkaitan dengan segala operasi dan proses yang memanfaatkan mikroorganisma baik dalam fasa hidupnya maupun produk-produk enzimnya. Teknologi bioproses merupakan gabungan antara bioteknologi dan teknik kimia. Seperti yang kita tahu, bioteknologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang rekayasa genetika dan bagaimana cara memanfaatkan mikroba untuk menghasilkan suatu produk. Dalam bioteknologi akan dipelajari tentang mikrobiologi, molekular genetika, dan biokimia. Teknik kimia merupakan salah satu ilmu dalam bidang teknik (engineering) yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk mendesai atau merekayasa suatu proses desain atau kendali untuk bahan-bahan kimia menjadi produk massal. Dengan kata lain, teknik kimia berperan untuk memproduksi suatu produk secara lebih banyak. Produk-produk hasil penelitian bioteknologi itu sangat banyak dan sangat memiliki manfaat. Namun, semua itu tidak memiliki manfaat apapun apabila tidak dapat digunakan oleh orang banyak. Disinilah peran teknik kimia, dimana digunakan untuk mendesain suatu proses desain dan kendali terhadap produksi hasil penelitian bioteknologi secara massal. Teknologi untuk memproduksi hasil-hasil bioteknologi secara massal inilah yang disebut dengan teknologi bioproses” Demikianlah kata kak Lischer.

. . . . . .

Trus prospek kerjanya menjamin gak sih? Ow…Don’t worry be happy coy. Apa kurang jelas penjabaran dari om Wiki dan Kak Lischer tadi? Nih, aku kutip lagi isi blognya kak Licher…

Jelas kak Lischer lagi “Mungkin sekarang kalian masih bingung bagaimana sih nanti seorang sarjana teknologi bioproses itu bekerja. Berikut ini adalah beberapa alasan dari sisi prospek kerja yang bisa diambil oleh sarjana-sarjana teknologi bioproses pada umumnya :

1. Industri pangan (Food and Beverage) Yang namanya pangan atau makanan memang selalu menjadi kebutuhan primer manusia. Peran teknologi bioproses di Industri ini bisa sebagai orang yang mengontrol proses produksi pangan tersebut. Contoh industri pangan : PT UNILEVER, KRAFT, DANONE, PT Ajinomoto dan lain sebagainya

2. Industri minuman Sama seperti pangan, minuman juga merupakan kebutuhan primer dari manusia. Minuman yang diproduksi yang membutuhkan seorang sarjana teknologi bioproses bukanlah minuman yang biasa-biasa. Minuman yang diproduksi biasanya mengandung probiotik yang dapat membuat tubuh manusia yang mengkonsumsinya lebih sehat contohnya seperti yoghurt, susu probiotik, dan minuman probiotik lain. Contoh industri minuman : Cimory, Yakult, dan lain sebagainya.

3. Industri vaksin Vaksin dibutuhkan untuk memperoleh imunitas dengan cara melemahkan bakteri ataupun virus penyebab penyakit. Di industry vaksin ini, seorang sarjana teknologi bioproses di laboratorium untuk produksi vaksin sebelum diproduksi secara massal, bagian Research and Development, Quality Control, atau sebagai orang yang bertanggung jawab dalam proses pembuatan vaksin secara massal. Contoh industri vaksin : PT Biofarma (satu-satunya di Indonesia)

4. Industri Farmasi Industri farmasi berkaitan dengan produksi obat-obatan. Seorang sarjana teknologi bioproses memiliki peran yang sama seperti bekerja di industri vaksin. Contoh industry farmasi : PT Bayer, PT Kimia Farma

5. Industri Energi Cadangan minyak bumi semakin lama semakin menipis. Diprediksikan apabila terus-menerus menggunakan minyak bumi sebagai sumber energi utama untuk melakukan aktivitas sehari-hari maka cadangan minyak bumi akan habis pada tahun 2030. Selain itu, energi yang berasal dari minyak bumi dapat menyebabkan Global Warming akibat dari hasil pembakaran yang terjadi. Oleh karena itu, dibuatlah suatu bentuk energi yang dapat menggantikannya dan lebih ramah lingkungan. Contohnya seperti biodiesel, bioetanol, biopremium, biofuel cell, dan lain sebagainya. Sekarang ini, mulai banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Minyak dan Gas (Oil and Gas Company) yang mengembangkan sumber energi terbarukan seperti contoh diatas. Perusahaan yang oil and gas yang sekarang juga bergerak untuk memproduksi energi terbarukan adalah seperti British Petroleum, Chevron, Pertamina, dan Sime Darby Energy. Oya, gaji untuk kerja di industri ini lumayan besar lho bisa mencapai $5000/month bahkan bisa lebih.

6. Industri Biomedical Industri biomedis adalah aplikasi dari ilmu biologi dibidang medis. Banyak sekali senyawa-senyawa yang berasal dari organisme biologis yang dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan. Seperti kolagen yang digunakan sebagai bahan pembuat tulang buatan dan untuk penutup luka organ bagian dalam. Kemudian ada kitosan yang dapat dijadikan benang operasi . Selain itu, ada aplikasi yang dapat mendeteksi adanya sel kanker. Walaupun aplikasinya sangat banyak dan sangat berpotensi untuk berkembang di masa depan tetapi sayangnya, Industri biomedis di Indonesia masih jarang diketahui. Industri biomedis banyak yang beroperasi di luar negeri.

7. Industri Biomaterial Industri biomaterial merupakan industry utama untuk produksi bahan-bahan yang digunakan untuk biomedis dan lainnya. Industri biomaterial berfokus untuk memproduksi material yang berasal dari organisme biologis. Di Indonesia, belum ada sama sekali industry biomaterial. Padahal kebutuhan akan biomaterial di Indonesia itu sangat tinggi.

8. Proyek lingkungan Seorang sarjana teknologi bioproses juga dapat bekerja dibidang lingkungan terutama dalam pengolahan limbah. Pengolahan limbah dilakukan dengan memanfaatkan mikroorganisme yang memiliki potensi untuk remediasi limbah menjadi tidak berbahaya. Pengolahan limbah yang dilakukan sekarang, mulai banyak yang beralih untuk menerapkan bioremediasi. Hal ini disebabkan oleh selain rendahnya modal yang diperlukan juga rendahnya energi yang diperlukan sehingga dapat menghasilkan suatu teknik remediasi yang efektif dan efisien. Kabar baiknya, semua industri yang ada membutuhkan suatu pengolahan limbah yang terpadu. Jadi, peluang kerja di bidang lingkungan ini sangat-sangatlah luas. Jika kalian mau bekerja di bidang ini, coba mulai dari kuliah ikut-ikut organisasi dan kegiatan yang peduli terhadap lingkungan untuk menambah pengetahuan kalian tentang lingkungan.

Membuka Usaha Sendiri : Challenge your Technopreneurship Oya, seorang lulusan dari teknologi bioproses tidak hanya dipersiapkan untuk memperoleh kerja saja tapi juga dipersiapkan untuk mempekerjakan orang lain. Kembangkan jiwa entrepreneurship kalian, dan bukalah lapangan pekerjaan untuk orang lain. Buatlah suatu usaha atau bisnis yang bergerak disalah bidang yang dicontohkan diatas. Dengan adanya usaha seperti, kalian sudah berusaha untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Seorang lulusan teknologi bioproses telah memiliki kemampuan yang lebih untuk mengembangkan teknologi bioproses di Indonesia. Sayang sekali apabila kemampuan yang kalian dapatkan dipakai untuk memperkaya suatu perusahaan yang merupakan perusahaan dari luar negeri. Yang berarti kalian semakin memperkaya Negara lain sementara Negara Indonesia lagi-lagi hanya dijadikan sebagai konsumen tanpa ada kemajuan sama sekali. Jadikan diri kalian sebagai pemimpin sebuah pekerjaan, jangan jadikan kalian sebagai orang yang dipimpin. Janganlah kita bekerja untuk uang, tapi biarkan uang yang bekerja untuk kita. Jadikan Indonesia sebagai Negara yang maju dan berkembang. Salah satunya adalah dengan mengembangkan jiwa entrepreneurship kalian. SDA berasal dari Indonesia, SDM juga dari Indonesia, tapi diproduksi untuk dunia.”

Sekali lagi aku bersyukur pada Allah, Aku akan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai masa depanku yang insyallah gemilang.  Amin Ya Rabb.

Meski sedih juga harus merantau dan berpisah jauh dari orang tua, tapi tetap aja gak sabar nunggu ospek, teman baru, suasana baru Yippy ^_^/ Tenang Be, Anakmu ini berjanji… kelak akan menjadi manusia yang berguna bagi Nusa dan bangsa \(@_@)/ Amiiin Ya Rabb

Nah sekian dulu ceritaku,karena sekarang aku lagi sibuk nih ngurus registrasi…maklum MABABIL, Mahasiswa Baru Labil hahaha *Banggagakjelasdangirangtakterkira

Ingin tahu kegiatanku selama diTeknik Bioproses, KEPO aja di Bioprocess Engineering

56 thoughts on “Teknik Bioproses

  1. Alhamdulillah…..
    Semua akan indah pada waktunya….
    Kota Malang adalah kota dimana aku pernah menghabiskan waktu untuk merajut bnyak kenangan indah… tidak jarang pula aku jalan-jalan di kampus UB….
    Aku yakin, Zee pasti sangat betah di sana…. Sungguh itu langkah yg bagus…
    Rengkuhlah apa yg kau mau.. pasti tergapai segala citamu…

  2. jadi sebenernya teknik bioproses ama teknologi biobroses tu sama gak kak?
    soalnya kan di ui tu masuk teknik kimia tp kalo di ub masuk teknologi pertanian.kok bisa beda gitu ya kak?
    mohon balasan nya ya kak..😀

  3. Andy: Gak tau heheh…tapi prediksi ku kayakx meningat deh quotanya,
    kemarin aja angkatan 2011 jumlahnya 3x lebih bnyak dari sebelumnya…
    Alex: kalo teknologi bioproses aku juga kurang paham…tapi kalo teknik bioproses di UI dan UB kayakx sama aja deh…

  4. Hai kak, salam kenal..
    Aq siswi galau yg baru lulus sma di Palembang.
    Jadi gini kak, secara aq ini adalah penerima beasiswa dari salah satu “rokok” foundation di Indonesia, jadi aku cuma berani ngambil universitas yang ada di list “bakal sukses nan berprospeknya” mereka.

    Nah, kebetulan secara sangat beruntung nya, UB bioproses masuk list tersebut!! Dari ratusan univ di Indonesia, cuma 30an fakultas yg masuk list “bakal sukses” mereka dan UB bioproses masuk. Mengagetkan! Tidak biasanya “rokok: foundation itu me-list fakultas baru.

    yang aku mau tanya, bioproses UB udah angkatan keberapa kak? Trus sudah ada lulusannya kah? Apakah cuma fokus di pertanian aja?

    aq ngejadiin UB sebagai slh satu pilihan snmptn q, tapi masih ragu..

    tengkyu kak!

    • Hai fitri salam kenal juga ^^… Wah aku juga baru tau kalau ada beasiswa yang ngelist semacam itu…, Hmmm seperti yang kamu tau, setiap foundation yang menawarkan beasiswa pasti merekomendasikan studi yang terbaik. dan itu telah dipertimbangkan baik-baik, gak asal2an. Kalau memang T. bioproses UB menjadi salah satu dari pilihan , itu bukan faktor kebetulan saja…Itu artinya, fakultas kami memang telah diakui kualitasnya.. Dan kalau kita lihat sejauh ini, fakultas kami sudah banyak meraih prestasi.
      Untuk Teknik bioproses UB sendiri, ada 2 angkatan, angkatan pertama tahun 2010. jadi aku angkatan ke-2. Mungkin beberapa orang masih meragukan kami, mengenai prosepek dan segala macamnya karena T.bioproses UB masih sangat baru. Tapi selama yang aku alami sebagai mahasiswa T. Biop UB, sebenarnya kita punya potensi keahlian di bnyak bidang..seperti yang telah ku ulas di artikel ini.

      Memang sih kebanyakan anak baru (teman2 seangkatanku yang dulu baru masuk) merasa salah studi menyangka TBP ini untuk pertanian,tapi seiring waktu itu menjadi tantangan.Lucu gak sih waktu pertamakali kami meremehkan studi yang kami pilih sendiri, dan sekarang malah ketagihan ke kampus karena banyak mata kuliah yang susah heheheh. dulu kami kira T.bioproses meliputi biologi, kimia, fisika dan turunannya. Tapi disini juga ada ilmu pembaharuan energi, inovasi pangan, gizi, perbengkelan, manajemen dan pemrograman. Semua itu meliputi pengolahan SDA.

      Aku merasa seperti itulah deskripsinya, tapi kalo gak dialami sendiri, kamu gak bakal tau asiknya masuk Bioproses UB =D
      Semoga info ini membantu…

  5. wah, benar-benar sangat mencerahkan!

    Aq emang sudah curiga sama foundation kami. Kenapa dia berani ngasih beasiswa ke fakultas baru? Gak biasanya Bapak ‘rokok’ kayak gitu.

    Terima kasih buat Pak ‘rokok’ foundation yg telah memasukkan bioproses UB ke list, yg merupakan fakultas baru, yang aku harap gak banyak orang yg tau (hehe.. supaya aku lulus snmptn karena saingannya dikit),

    Tengkyu buat kakak yg sudah membuat aq yakin lahir batin dgn pilihanku, semoga aja aku lulus, jadi kita bisa ketemu nanti di kampus UB!

    See you kak!!

  6. oh ya nanya dung, akreditasinya Teknik bioproses UB apa ya??
    adikku lulus d sana..🙂
    thanks
    Meta-UniversitasIndonesia🙂

    • Meta.Syarat akreditrasi itu kan harus telah mempunyai alumni..sedangkan TBP UB adalah jurusan baru, jadi akreditasinya masih dipersiapkan…tahun ini baru angkatan ke 3. Doain semoga baik seperti UI yah ^_^

  7. Kak! Alhamdulillah aku juga jadi junior kaka. aku mau cari info tentang biproses di situs resminya kok belum ada yah kak?

    • Asumsiku sih simplenya karena teknik bioproses yang di UB ini lebih memprioritaskan pengembangan energi, Energi adalah kebutuhan penting bagi kehidupan dan bisa dikonversikan dalam berbagai bentuk, salah satu reaksi konversi energi adalah makan dan dimakan. Dengan pengolahan pangan, (salah satu) bentuk konversi energi dapat dikembangkan..Kan di Indonesia, potensix banyak tuh, sekalian mengatasi permasalahan hutang/ impor pangan Indonesia…Dan masih banyak alasan lain yang menjadi dasar keputusan itu dek….

  8. walah. .kirain gak ada yang promosi tek. bioproses ub kak. .hehe
    baru nemu blog kakak langsuung seneng
    aku maba tek. bioproses 2012 kak mohon bimbingannya😀

      • Permisi, Saya mau tanya, bedanya teknologi bioproses di UI sama bioteknologi apa ya? Apakah di teknologi bioproses juga dipelajari fermentasi, jamur, virus, dll? Lalu kalau saya lihat di teknologi bioproses, juga dipelajari mekanika fluida, kalor, desain proses, apa hubungan materi tersebut dengan teknologi bioproses? Terima kasih.

  9. Anthony: Aku belum paham bagaimana teknologi bioproses di UI. di UB juga mempelajari fermentasi,jamur di matakuliah dasar bioteknologi…virus dipelajari di matakuliah mikrobiologi umum. DiUB teknik Bioproses juga mempelajari mekanika fluida, kalor dan desain proses karena nantinya kita bisa membantu kemajuan teknologi di bidang pengolahan pangan dan energi dengan menciptakan alat yang tentunya butuh mempelajari desain proses…disini kita jg mempelajari dasar pemrograman, elektronika dan instrumentasi, ada perbengkelan juga loh!😀

  10. kak aq dari sma 2 bojonegoro,,, aq pngen masuk jurusan bioproses,,, nah skrangkan bisa masuk ptn smua dngan cara undangan,,,berhubung kkm sma saya rendah cuma 70-75,,, nah rata2 pel unas saya dari smtr 1-5 cuma 78,68 apa bisa masuk ke teknk bioproses???
    trus kalo mau masuk dengan tulis brapa passing gradenya kak??? (Husein Albari)

    • Ya beda donk, kalo farmasi setau aku kita mempelajari tentang obat-obatan kimiawi maupun herbal…kalo teknik bioproses ini lebih luas cakupannya tentang aplikasi design alat dan tknologi pendukung proses biologis, misalnya pada sektor pertanian: rancang biorektor entah pada produksi biogas,bioethanol,dll. atau diIndustri pangan: fermentasi,ekstrasi, dan pengolahan laiinya. Teknik bioproses juga mempelajari reaksi alam untuk dimanfaatkan diberbagai bidang, salah satunya termasuk dalam pengobatan (BioFarma)

  11. ya allah aku sudah suasah payah masuk di jurusan ini,,,,,,,,,,,,n’ semoga engkaw mengabvlkan keinginanku..,amieeeeennnnnn.,.,.,.,.,.,..,.,

  12. kak ngebet bgt nih pingin masuk sana u.u
    saya dari man 2 tulungagung ada ngak kak alumni man 2 tulungagung yang di Teknik Bioproses UB ????
    rata-rata semester 1-5 sudah 79 – 82 nih kak ada ngak kak kemungkinan masuk kesana ??
    nilai dan rata-rata juga cukup stabil !
    peminat tahun lalu berapa kak??

  13. TBP UB itu, S1 kah ? hehe
    allumninya ada yang sudah lulus, dan sudah kerja kak ??🙂 hehe
    sangat membantu artikelnya😀 terimakasih kak😀

  14. passing grade sama kuota sbmptn berapa ya buat di teknik bioproses ub?
    mau ke UI pelit banget ngash kuota sbmptn jadi takut

  15. alhamdulillah udh masuk snnmptn keteknikan pertanian. kak mau tanya, kalau udh masuk keteknnikan pertanian apakah udah otomatis masuk teknik bioproses? atau ada tes lg untuk masuk TBP?? makasih kak

  16. soalnya waktu daftar SNMPTN gk ada pemilihan peminatan, hanya ada prodi keteknikan pertanian saja kak. jadi blom milih peminatan . mohon infonya ya, makasih

    • Gini dek jadi di istilah perkuliahan ada yang namanya universitas, fakultas, jurusan, prodi/minat. Unversitas adalah lingkup paling umum kemudian dibawahnya ada banyak fakultas2 seperti kedokteran, teknik, teknologi pertanian, MIPA dll. Nah setiap fakultas itu punya sistem sendiri2. kalau di FTP-UB. Dibawah fakultas ada 3 jurusan yaitu Keteknikan pertanian (TEP), Teknologi hasil Pangan (THP) dan Teknik Industri pertanian (TIP). Untuk jurusan TEP dibawahnya ada 3 prodi yaitu Tekling (TSAL), Bioproses (TBP) dan TEP murni. Untuk sekarang difakultas baru aja pergantian dekan dek, mungkin ada kebijakan baru.

Ada Komentar ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s