Mahasiswa Indonesia Kembali Berjaya di Ajang Kompetisi Teknologi Pangan Internasional di Amerika Serikat


Universitas Brawijaya

Kompetisi Teknologi Pangan yang dilaksanakan oleh Institute of Food Technologists (IFT) pada tahun ini diselenggarakan di New Orleans, Lousiana Amerika Serikat pada 11-14 Juni 2011. IFT merupakan organisasi internasional dengan anggota para Food Scientist yang tersebar di 100 negara di seluruh dunia. Dengan misinya, selama kurang lebih 70 tahun IFT mendedikasikan diri untuk mengatasi masalah-masalah pangan terutama di Negara Berkembang dengan berbagai aktivitas seperti riset, edukasi, beasiswa, dan membangun kolaborasi dengan pembuat kebijakan untuk mencapai misi tersebut.

Kali ini, ajang kompetisi yang diadakan IFT mengambil tema Pemanfaatan Ilmu dan Teknologi Pangan untuk Mengatasi Masalah Kekurangan Zat Besi di Negara Berkembang (Utilize Food Science and Technology to Address The Issue of Iron Deficiency in Developing Countries). Seperti diketahui, masalah kekurangan zat besi (anemia) merupakan salah satu masalah nutrisi dunia yang meluas terutama di negara berkembang. Sebanyak 30 persen penduduk dunia terkena anemia. Dampak anemia yang dihasilkan sangatlah signifikan terutama pada ibu hamil, anak-anak usia sekolah dan usia produktif. Rendahnya kualitas sumber daya manusia, dan rendahnya produktivitas merupakan dampak yang akan dirasakan, sehingga perkembangan suatu negara akan terhambat. Dampak inilah yang dikhawatirkan jika masalah kekurangan zat besi tidak segera

teratasi. Peserta kompetisi berasal dari berbagai universitas di seluruh dunia. Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi salah satu finalis yang berhasil menyisihkan 30 proposal yang masuk pada kompetisi kali ini. Melawan Masalah Kekurangan Zat Besi Melalui Produksi Mi Instan Kaya Zat Besi dengan Memanfaatkan Bahan-Bahan Lokal (Combating Iron Deficiency in Indonesia Through Food Fortification By Production of Iron-Rich Instant Noodle Based on Local Resources), merupakan judul penelitian yang dipresentasikan oleh para mahasiswa FTP yaitu Ricki Setyawan, Meidina Nurfitriani dan Masa Mukti. Penelitian hasil bimbingan dari dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) yaitu Dr. Agustin Krina Wardani dan Dr. Aji Sutrisno telah berhasil meyakinkan dan membuat lima juri merasa puas atas presentasi tersebut. Pemanfaatan bahan-bahan lokal seperti singkong, ubi jalar, tempe dan belut menjadi andalan dari produk mi fungsional ini. Terutama kandungan zat besi yang tersedia pada tempe dan belut menjadikan mi instan yang dibuat kaya akan zat besi dan memiliki bioavailibilitas zat besi yang tinggi.

Pada kompetisi babak final, Universitas Brawijaya menempati posisi pertama mengalahkan Universitas Gadjah Mada yang menempati posisi kedua dan Institute of Chemical Technology, India yang menduduki posisi ketiga. Juri yang terlibat dalam kompetisi 2011 adalah Sajiid Alavi (Kansas State University), Joseph M. Awika (Texas A&M University), Betty Bugusu (Purdue University), Luiz Fernandez (Cargill Food Ingredients and Systems, Cargill R&D Centre Europe) dan Angle Mwaniki (General Mills)

“Kami berharap dengan kemenangan yang kami raih ini akan membuat mulus jalan kami menuju akreditasi internasional oleh IFT pada Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) yang saat ini masih dalam proses penggarapan” kata Agustin Krisna Wardani, yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Jurusan THP. Lebih lanjut dia mengemukakan, kemenangan ini tentu saja tidak terlepas dari kontribusi berbagai pihak terutama Rektor UB, Dekan FTP, dan DIKTI yang menjadikan tim UB menjadi wakil Indonesia di Kompetisi Internasional. Dan kemenangan ini tentunya disambut gembira oleh Rektor Universita Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito beserta jajarannya.

Ada Komentar ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s