Nongkrong At Mekatron


KETEKNIKAN PERTANIAN(TEP) yang terbagi menjadi 3 prodi, Teknik bioproses, Keteknikan pertanian murni dan Teknik sumberdaya alam dan lingkungan. punya 4 Lab, yakni Lab. Sumberdaya alam dan lingkungan, Lab. Teknik perngolahan pangan dan hasil pertanian, lab. daya dan mesin dan terakhir lab. Mekatronika… Di lab TEP tidak ada cangkul,tapi ada 62 jenis yang akan diperkenalkan kepada maba-mabanya pada acara stulabo… DiTEP, kalian bisa melakukan apa yang bisa dilakukan anak-anak Elektro seperti merakit robot, bisa seperti anak-anak Farmasi yang belajar dalam proses pembuatan vaksin dan makanan probiotik,bisa jadi anak-anak teknik kimia seperti merombak genitas mikroba dan belajar meneliti bioenergi,mau seperti anak-anak teknik mesin yang merakit alat-alat, Gak hanya itu , kita juga gak kalah skill dengan anak-anak boga seperti memasak roti, inovasi makanan dll…why? Of course lah secara alat-alat masaknya kita yang buat. Ya pasti tahulah cara kerjanya… heheh, But urusan masak-memasak serahkan saja sama jurusan THP Ok?…, Anak teknik juga cinta lingkungan donglah… Namanya juga mengoptimalkan hasil bumi pertiwi…. Proud to be Engineers…. Biar gak salah presespi, Nih liat waktu aku main-main ke Laboratorium mekatron.. kenapa harus Lab mekatron? Karena disana aku pertama kali pegang mesin Gerinda pemotong logam… So Awesome!

Ni loh yang namanya Gerinda potong, yang kalau motong logam keluarin percikan cahaya seperti kembang Api,, Butuh tenaga ekstra untuk menghandlenya. menurut kitab stulabo yang aku tulis (Hasil dari banyak referensi terpercaya ^^) Fungsi gerinda adalah memotong logam dengan tenaga motor yang dialiri listrik, digunakan untuk memotong bahan berbentuk silinder atau batangan.
Cara kerjanya gampang kok hehehe pertama bahan diletakan ditempat bahan, trus stop kontak dihubungkan, kemudian handle dipegang, sambil tombol oprasinya ditekan juga, tombol oprasi terletak dibawah handle… Jangan kaget kalo tiba-tiba mata gerinda bergerak trus gerindanya menjerit-jerit….Handle mesti dipegang erat-erat loh yah! Trus handlenya ditekan sampai mata gerinda turun dan memotong bahan, kalau udah selesai, lepas tombolnya dan lepas stopkontak dari arus listrik… That’s it…
Gerinda banyak jenisnya, ada gerinda tangan (=__=” Jangan mikir gunanya untuk motong tangan….maksudnya gerinda tangan tuh gerinda mini yang bisa dibawa oleh tangan)

Gerinda pengasah juga ada, jadi tuh fungsinya untuk mengasah perkakas lain seperti mengasah mata bor, pisau dll…

Mekatron lebih dari sekedar itu, Ada alat rumit namanya Frais. Jadi Frais itu fungsinya membuat pahatan dan cekungan pada benda besi pejal, terdiri dari 15 bagian alat yang semuanya udah dipelajari para maba waktu nulis kitab stulabo. Antara lain mata frais, meja kerja, ragum, tuas putar, tombol on/Off, pemutar maju mundur, Pemutar kiri kanan, pemuta naik turun, pemutar halus, skala, key, handle, mesin dynamo AC, dan V-belt+pulleynya…Banyak kan ya? Betapa beruntungnya maba yang disiplin dengan stulabonya, gak perlu garuk kepala…heheheh *Proud again…

Diatas tuh gambar Fraisnya….

Nah kalau yang dibawah ini namanya mesin bor…
Woah Gahar… Fungsinya ya jelas untuk melubangi dan membuat alur


Katanya si Asisten-Mas Bandar. Gunakan alat ini harus hati-hati dan dicek baik2 alatnya, safetynya harus bener2lah… Soalnya kalau mata bor-nya longgar sedikit aja, bisa lepas trus terlontar kemana-mana,kalo kena kulit lumayan lah robeknya…. (Serem amat!)
Selain itu juga ada mesin bubut…

Mesin segede gajah ini (Saking gedenya gak bisa difoto keseluruhan…Maap ya kawan), mesin yang paling rumit di mekatron (menurutku)… kira-kira panjangnya 2 meteran lah…Aku juga gak ngerti waktu mas Rohmad-asistennya jelasin cara kerja, dan bagian2 alatnya…Pokoknya begitulah hehehehe….Tapi pas waktu buat kitab stulabo, ngertilah dikit…Soalnya post testnya diulang-ulang terus sampe hapal… Kalo gak diulang, post test gak lulus dong… !

Trus ada mesin Las listrik,

Masa sih gak tahu mesin las?? Ituloh yang kalau mau pake mesti pake topeng dulu biar muka gak ancur kecipratan api…hehhh…

Las listrik memanfaatkan loncatan elektron bertenaga tinggi hingga menimbulkan suhu yang lumayan panas, hingga mampu melelehkan elektroda atau logam-logam yang ingin disambung.

Trus ada banyak mesin sangar lainnya yang kalau dijelasin satu persatu bakal panjang sepanjang jalan kenangan saat kita bergandeng tangan…hehehehe

Ada Komentar ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s