MENGEJAR BEASISWA


“Andai tiap kali mengejar beasiswa seasik ini, mungkin semua mahasiswa lebih memilih berjubel direktorat untuk ngantri beasiswa, ketimbang demo teriak-teriak minta BBM diturunin” Saat-saat itu secara gak sadar adalah perenungan buat kami, tiba-tiba pembicaraan kami jadi idealis… Menurutku sih, ada benarnya kata Jimmy, ngurusin beasiswa ribet banget, tapi kalau bareng-bareng kayak gini, yang kelihatannya sulit jadi asik…,Sesama kita memang bersaing, tetapi enggak saling menjatuhkan, buktinya, meski aku belum pasti ngedapatin beasiswa, rasanya aku udah legowo dapat banyak teman apalagi seperti mereka…

Ngejar beasiswa awalnya mungkin banyak kendala tapi ternyata kalau dilalui begitu saja, rasanya menyenangkan. Baru dua hari yang lalu ada beasiswa online di Brawijaya, semua mahasiswa angkatan 2011 kebagian jadwal paling awal untuk ngantar berkas pengajuan. Beasiswa PPA dan BBM namanya, Seperti ngurusin beasiswa umumnya sih, berkas harus lengkap dan gak boleh telat, isi data secara online, diprint, tambahi surat keterangan dari tempat asal. Tampaknya sederhana, tapi hari itu adalah hari tersibukku, jam setengah 7 pagi kekampus, presentasi,selasai. Aku punya waktu dua jam untuk ngeprint biodata, cek berkas, ngantar berkas ke fakultas, then, ke Rektorat sebelum presentasi untuk matakuliah lainnya…. Ah,bisalah….pikirku.
Tapi nyatanya, sesepele apapun kesalahanmu, itu akan menjadi masalah yang besar, mulai dari surat aktif organisasi yang lama diterbitkan dan ternyata harus dilengkapi dengan keterangan, dan harus terpaksa mondar mandir ke gedung rector-fakultas-fotocopyan-print2an-LKM-kembali ke gedung rector_ke fakultas,belum lagi biodata yang harus tampak bargonnya, lupa bawa uang dan harus kembali ke kosan, persiapan presentasi yang belum matang… Argh, aku menyerah, waktu dua jam itu aku habisin untu berjalan kaki, mengantri, memaki computer yang lemot diwarnet, lari estafet dari tmpat ke tempat lain, mengantri fotocopy, dan mungkin soundtrack yang tepat saat itu adalah lagunya Hoobastank “Spanning out of control” hehehe (sempat-sempatin mikir soundrack!).
Dua jam yang berarti itu berhasil mengingatkan aku pada statemen “Untuk menjadi pedang yang kuat dan bagus,sepotong baja pun harus ditempa dan dibakar dengan api….!” Keep on Fire!!

Temanku udah ngirim SMS kalau dosen udah sampai kelas, sedangkan aku masih nempel-nempelin matrai 6000-an diberkas-berkasku, sambil jalan kaki! Alhamduliillah semua aman terkendali meski rada grusa-grusu…. Aku sampai di kelas tepat disaat dosen bilang “ Kalau 15 menit lagi gak ada yang mau presentasi, hari ini presentasi batal…” kebayang gak sih napas tinggal setengah, malah tinggal seperempat gitu dengar kata-kata yang menohok itu…., Nah disitulah jiwa professional dibutuhkan, hahah tiba-tiba pasukan presentasiku berdiri dan maju kedepan, sedangkan aku meminta maaf pada dosen, “maaf pak, saya telat” setalah itu langsung ngeloyor benahi slide PPT.
Dimoderatori oleh Hendry, pemateri lain ada tomi, zir, berma dan dioperatori oleh mega, aku ngoceh-ngoceh sebisaku ngejelasin struktur reproduksi tumbuhan dan siklusnya, sambil megap-megap tentunya…Secara napas tinggal seperempat!, Presentasi yang makalah dan materinya dibuat hanya dalam waktu satu malam itu berakhir gak buruk-buruk amatlaah…..Alhamdulillah!,

Presentasi kelar, ini jam 12. Ada praktikum penerapan computer. Seperti Jimmy Neutron, otakku muter-muter mikirin gimana caranya agar sebelum jam 3-semua berkas harus sudah ada ditangan yang berwenang! Dan kira-kira praktikum menghabiskan waktu 1,5 jam belum lagi molor-molornya praktikum dimulai jam setengah 1. Jadi aku punya waktu 1 jam untuk ngurusin semua itu! Oh no!…

Sambil ngedumel aku lari ke fakultas ngantar berkas yang udah benar-benar fix, kembali ke gedung rektorat dan ternyata rame banget! Udah persis demoin BBM en antri beras raskin! Jelas ramai ada 4 fakultas sekaligus, FTP,FP,FIA,FTIK….eh gak deng, mungkin lebih…,saat itu jam 2, dan aku masih ngantri nomor masuk, nah disini mulai asik….semua muka pada kumel, dorong-dorongan, wah pokokx sempat ricuh deh…., aku bertemu tmn lama dr FTIK, yang tiba-tiba puny aide nyelinap lewat lobi depan…Pingin cepat selesai ya aku ikut aja, giliran sampe disana, basa-basi dikit ma satpam eh satpamnya malah ngusir…Gagal lah dan aku gondok setengah mati “Tuh kan Jun! Ngantri dari awal lagi deh!!” , “Hehehe, bukan jalannya Ze, sholat dzuhur dulu yok, kali aja dapat hidayah” Aku ngeloyor ke masjid rektorat…

Dimasjid ketemu si Budi, anak FTP juga… “Gimana Bud?” Tanyaku, “Ngantri nomor disek, mari ngene” waah santai banget sih Budi, ini udah jam stengah 3 tapi belum ngantri nomor masuk…Yang tabah ya Bud…batinku…dan aku pun Sholat…,
Abis sholat kembali ke TKP, bareng si Budi, sedangkan Juned masih kekeuh ngerayu pak Satpam yang di Lobi itu, hehhee… Kita bela-belain naik Lift barang di gedung belakang,Budi yang sok tahu bikin kami nyasar terus…,Hadehh….Tapi untungnya nyampe tempat antrian masuk juga, “Tunggu disini 30 detik” kata Budi, gak sampe 1 menit si Budi udah balik dengan nomor antrian di tangannya! Whaat??? Gimana dia bisa ngedapatin secepat itu! “hehehe….”
Aku melengos mulai ngantri, sebelumnya pilih-pilih dulu barisan yang paling pendek biar cepat masuk. Budi yang ceking tinggi antri dibelakangku sambil goda-godain cewek. Kok rasanya asing ya, muka-muka disekitarku rasanya asing….Sesaat kemudian,ketika sudah terjepit ditengah perjuangan, aku sadar kalo aku salah antri! Ini barisan anak-anak FIB (Fakultas Ilmu Bisnis)…. “Bud kayaknya kita salah antri deh” bisikku ke budi “Iyo wes, santai ae…ora po-po…” lagi Budi melanjutkan goda-godain cewek…..Pertama-tama Tanya nama, asal, eh trus Tanya jurusan….giliran ditanya balik, si Budi polos ngejawab jurusan TEP, “Loh emang sejak kapan TEP pindah ke FIB?” tuh cewek tiba-tiba sinis, “Gak pa-palah mbak, yang penting heppi…Bla..bla…bla…” Si Budi mulai ngelawak gak jelas, en disekitarku mulai banyak yang nyeletuk en ketawa bareng, Nah Loh ini ngantri kok malah ngegosip….Tapi gak papa deh, gak terasa antrian udah maju sesenti dua senti, lumayan…hahah Ternyata tuh cewek namanya Ellie asalnya dari sidoarjo sama kayak si Budi, pantesan ngerumpinya cocok banget, juga gak disangka, banyak yang langgar jalur, buktinya di antrian FIB, ada Risal anak FP yang doyan banget Tanya-tanya matakuliah di TEP (Keteknikan Pertanian) apa kah sama dengan di Agroindustrial? Nah kalau yang itu bagianku untuk ngejelasinnya, tentu beda donk… Ya aku certain aja matakuliahku, ada pemrograman, dasar bioteknologi, pindah panas, Biologi, Sifat fisik bahan pangan, kimia, matematika terapan, Genetik engineering,bla…bla..bla… Risal malah bengong-bengong, ujung-ujungnya dia nanya “FTP kayak gitu ya? Kok beda banget sama FP?padahal kan sama-sama ada unsure pertaniannya..” Ya BEDA Laah! Batinku…..
Aku juga ketemu Jimmy si Pejabatnya FP (Kata si Risal sih) soalnya dia termasuk mahasiswa aktif, ya aku akui dari gaya bicaranya dan biodatanya, sertifikatnya banyak, IPnya tinggi wuuiihhh! Sempat minder deh…. (Kita juga sempat tukar ngelihat-lihat biodata diri yang termasuk persyaratan beasiswa)…
Ditempat yang sumpek itu, kita malah rame dan ketawa-ketiwi, sampe malah sempat wawancara bareng si Jimmy yang waktu itu ada tugas dr UKM jurnalistiknya, sempat foto bareng , saking lamanya ngantri, banyak hal yang kita lakukan bareng-bareng….Si Jimmy tiba-tiba ngomong, “Andai tiap kali mengejar beasiswa seasik ini, mungkin semua mahasiswa lebih memilih berjubel direktorat untuk ngantri beasiswa, ketimbang demo teriak-teriak minta BBM diturunin” Saat-saat itu secara gak sadar adalah perenungan buat kami, tiba-tiba pembicaraan kami jadi idealis… Menurutku sih, ada benarnya kata Jimmy, ngurusin beasiswa ribet banget, tapi kalau bareng-bareng kayak gini, yang kelihatannya sulit jadi asik…,Sesama kita memang bersaing, tetapi enggak saling menjatuhkan, buktinya, meski belum pasti aku dapatin beasiswa, rasanya aku udah legowo dapat teman banyak. Jadi malu sendiri sama Allah, waktu lagi spanning gara-gara berkas yang belum kelar, aku malah ngedumel en memaki computer yang lemot diwarnet. Padahal justru karena itu aku bisa ketemu tmn2 baruku… Semakin dekat dengan pintu masuk, pak Satpam kelabakan ngatur mahasiswa yang ricuh, aku berdiri tepat dibelakang Jimy dan Risal “Ayo yang cewek-cewek masuk duluan” kata si Budi, mereka lantas membukakan jalan untuk aku, Ellie dan Laras, meskipun diserempet sana-sini sampai sempat dikata-katain “Anj*ng” oleh anak Jakarta yang mulutnya nyablak itu, kita yang memang mungkin tukang nyerobot itu masih sempat diacungi jempol sama si Risal “All is well…gud luck yoo”…

Jam 5 sore, aku duduk selonjoran di bawah kaki pak Satpan, ngos-ngosan abis kejepit sana-sini, diluar masih ramai, dan mulai ribut gak sabaran….
Ellie dan Laras ke barisan FIBnya dan aku dibarisan FTP, antrian masih sangat panjang, sebelum sampai ke bangku depan petugas validasi. Aku juga kenalan ma Shinta, Juli, dan Ajeng. Mereka juga FTP tapi lain jurusan,coba ada Budi pasti ramai lagi… Gak nyangka sesaat kemudian Budi, Risal dan Jimmy masuk, melambaikan tangan dengan wajah sumringah, syukurlah, mereka juga lolos seleksi alam, hehehe
Dari Kejauhan Laras dan Ellie mengedipkan mata padaku, pertanda anggota perjuangan kami Lolos semua dan baik-baik saja. Budi lagi-lagi nyerobot antrian dan akhirnya duduk di belakang ku…alhasil, ramailah suasana, salut buat Budi, coz anaknya cepat akrab dengan orang lain. Waktu ngantri,malah stand up comedy,main Angry bird,diskusi, debat informal. Oh ya si Juned gimana yah?? Gak lama smsku dibalas “Syukur Ze, aku baru masuk ruang validasi nih…Rame banget!”
Denga mereka, Aku gak perlu takut kecolongan, mau ke WC, ada teman yang ngejagain berkas2ku dan tmpat dudukku…waktu mereka pergi beli minuman juga, antrian mereka aku jaga, satu botol air mineral habis untuk bertujuh, kurang melegakan sih, tapi begitulah indahnya berbagi…. =)
Waktu semakin dekat dengan petugas validasi, rasanya setiap dari kami seperti lolos masuk surga, semua mengucapkan “Selamat ya, Good Luck!”…
Jam 7 malam itu hujan rintik-rintik, aku meninggalkan gedung rektorat yang ramai sambil mengingat-ingat kembali aktivitasku sejak tadi subuh… Happy Ending…

3 thoughts on “MENGEJAR BEASISWA

Ada Komentar ?

