Kenal Lebih dekat : Morus Alba L.


      Halo…haloo…wah kangen sama blog nih, udah 10 tahun gak nulis ^^ *Lebayplak! Oh yah ada yang baru loch!… tadi pagi aku ngelihat bahan PKM punya temenku yang ngebahas tentang murbei, jadi ingat sesuatu hehehe. Jadi ceritanya waktu itu aku lagi diklat techno di Batu, Malang. Nah di sana aku dan teman-temanku yang lain lagi reportase di wisata pasar songgoriti, wawancara gitulah dengan pedagang-pedagang disana.. Rata-rata pada jualan bunga, buah, dan sayur, oh ya oleh-oleh juga ding! Di sana Buah-buahan dan sayur semuanya seabreg! *jadi kalap bayangin aja bunga Crissan harganya Cuma Rp.5000, keripik buahnya Rp.2500/bungkus, belum lagi apelnya, stroberinya, tomatnya…. Haaaaa😄

Pas lagi kalap dan bingung setelah wawancara mau beli apa, eh si anderla nyamperin aku… Nderla baru aja beli buah aneh yang baru pertama kali aku lihat, bentuknya kecil grombolan gitu…,Apa yah? Aku belum lihat yang semacam ini di Sumbawa, katanya sih namanya Bluebery… Langsung deh aku juga ikutan beli, sekotak mika gede harganya Rp.7500 kalau kamu pintar nawar, tapi kalo pasrah kayak si Nderla sih siapin aja uang Rp.12.000 –Rp.15.000 hehehe… Gak sabar sampai di villa, aku langsung cobain dan rasanya manis sepet gitu… kalau yang masih merah kecuuut banget, mirip dikitlah dengan stroberi tapi beda juga sih rasanya *Nahloh?… Waktu asik ngerekap data, gak sengaja di referensi Koran ngelihat bentuk buah blueberry yang asli, lha terus ini apa??

Image

Ini tuh buah Murbei, nyontek di Plantamor biodata murbei adalah sebagai berikut heheh :

Nama umum

Indonesia: Murbai, walot, besaran (Jawa), kerta, kitau (Sumatera), babasaran (Sunda)
Inggris: white mulberry
Vietnam: may mon, dau tam
Pilipina: Morera
Cina: Sangye
Morus alba
Murbai
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus: Morus
Spesies: Morus alba L.

 

murbei bukan blueberry, keduanya beda banget…wah pedagangnya salah kaprah nih..,,kalau bluebery yang ini

Image

Udah jelas kan? nah kalau ini namanya juwet bukan anggur…inget ya.. juwet beda dengan anggur…

Image

(iya Ze, kita semua tahu kalo itu juwet tapi sekarang kita gak lagi ngebahas juwet, kita lagi ngomongin murbei yang kamu beli di pasar songgoriti itu…) So what? hubungannya juwet sama murbei apa? heheh

Menurutku sih muerbei atau mulberry punya cita rasa yang manis sepet mirip juwet.Well,  Murbei nama latinnya Morus Alba L., Daun murbei ini makanan favoritnya ulat sutra loh… jadi kalo mau beternak ulat sutra, para peternak pasti punya kebun murbei…buah murbei berpotensi juga sebagai antioksidan, dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL serta menurunkan kadar kolesterol LDLyang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Di Indonesia buah murbei umumnya hanya dikonsumsi dalam keadaan segar dan tak jarang dibuang atau dibiarkan begitu saja. Salah satu cara mengolah buah murbei adalah dengan membuat sari buah murbei dengan cara sederhana, untuk mendapatkan hasil berkualitas. Daunya juga biasa dijadikan obat, Pendiri Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupunktur Republik Indonesia (HIPTRI), dr Setiawan Dalimartha dalam bukunya ”Atlas Tumbuhan Obat Indonesia” menyebutkan ada dua cara pemakaiannya, yaitu untuk diminum dan sebagai obat luar..

Untuk pemakaian luar, daun jangan dikeringkan, tetapi daun yang masih segar dilumatkan halus lalu dibobokkan kepada bagian kulit yang sakit, seperti luka, digigit ular, atau digigit serangga atau untuk pertumbuhan rambut (dioleskan dan ditekan-tekan).

Buah murbei yang matang bisa dijus lalu diminum sekaligus, perlu beberapa kali agar bisa melonggarkan napas yang pendek, menghilangkan rasa nyeri di dada dan bengkak pada mata kaki. Tetapi yang sedang diare jangan minum dulu. Di luar negeri daun murbei sudah diwujudkan dalam bentuk obat suntik

Besok-besok beli daunnya juga ah buat cemilan… hehhe eh tapi kalo kita makan daun..ulatnya makan apa @_@?

2 thoughts on “Kenal Lebih dekat : Morus Alba L.

  1. Bhasa Sumbawa.x apa dah tu Ze??
    kok gak pernah liat ya di Pulau Sumbawa???
    Apa M. Alba L ini hnya tumbuh di daerah2 tertentu z ????

Ada Komentar ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s