PARTIKEL


Judul               : Partikel (Supernova 4)

Penulis            : Dewi Dee Lestari

Penerbit          : Bentang Pustaka

Tahun             : 2012

Tebal               : 493 halaman

Partikel adalah seri ke-4 Supernova setelah “Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh,” “Akar,” dan “Petir.” Buku Dee yang berjudul partikel ini menceritakan tentang kehidupan seorang Zarah Amala yang tinggal di Kampong Batu luhur, Bogor. Zarah mendapatkan pendidikan yang tidak biasa dari ayahnya, Ia tidak disekolahkan di sekolah umum seperti anak-anak normal lainnya, Di usianya yang masih sangat kecil Ia telah diajarkan banyak hal rumit oleh ayahnya yang bernama Firas, termasuk ilmu anatomi otak.  Firas, yang memang seorang dosen dan mikolog yang terobsesi dengan perjalanan Spiritual. Dibesarkan oleh kejeniusan Firas yang jauh dari agama, membuatnya tidak diakui sebagai cucu oleh kakeknya yang merupakan seorang pemuka agama dan dikucilkan di pergaulan. Penelitian Firas ke gunung keramat membuat keluarganya mengalami berbagai kejadian aneh. Firas pun dianggap gila. Tidak kembalinya Firas dari gunung keramat menjadi awal petualangan Zarah, untuk mencari ayahnya. Berbekal 5 buah jurnal dan polaroid yang diberikan ayahnya, Zarah memulai petualangannya sebagai fotografer wildlife. Tidak sengaja terdampar di pulau Kalimantan dan lebih memilih mengasuh orang utan daripada pulang ke rumah. Seorang fotografer asing membawanya ke London. Membawanya ke manisnya cinta, menemukan sahabatnya yang terpisah, dan merasakan pahitnya pengkhianatan, serta satu langkah semakin dekat dengan keberadaan ayahnya.

Banyak topik yang menarik untuk dibahas. Dari mitos spiritual, seluk beluk fotografi, penyelamatan orang utan dan mikologi atau ilmu mengenai jamur. Dee adalah periset paling baik, dimana dia menggabungkan semua aspek kehidupan tanpa terasa kering di satu sisi. Apiknya Dee menggambarkan kehidupan masyarakat agamis, perjalanan spiritual di awal dan akhir buku, penelitian mikologi yang menyerupai mini ensiklopedia, dunia glamor fotografer di London, kehidupan orang utan di Kalimantan, serta perjalanan spiritual. Dee seakan “berkampanye” di Partikel. Menggerakan hati untuk lebih peduli terhadap keberadaan orang utan dan membuat orang berpikir bahwa alien mungkin ada. Salah satu tanda bahwa latar cerita diriset dengan baik adalah pembaca. Bahkan seluruh indera, dapat merasa bahwa ia berada di situasi itu. Buku ini pun mengambil  banyak latar tempat yang tidak biasa seperti kebun raya Bogor, Tanjung Puting, London, Stonehenge, yang membuat para pembaca seolah ikut bersamanya dalam sebuah petualangan.

Meski demikian, membaca Supernova, termasuk Partikel, memerlukan fondasi keimanan dan kepercayaan yang kuat karena novel ini sedikit banyak mengandung filsafat hidup yang mungkin membuat anda mempertanyakan kepercayaan yang anda anut selama ini. Seperti yang disebutkan, novel ini meng-kampanye-kan perjalanan spiritual yang tidak biasa.

Ada Komentar ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s