Fun di Hari Lingkungan Hidup Sedunia!


               Yuhuuu…Hari lingkungan hidup sedunia telah tiba, dan apa yang harus kita lakukan? Apakah kita harus berteriak “ Hip hip Horay!?” Lantas memeluk pohon, mencium tanah, ngelus-ngelus tembok dan semua yang ada disekitar lingkungan kita? Apakah itu yang kita sebut mencintai lingkungan? Atau woro-woro langsung demo ke pemerintah minta impor kendaraan diberhentiin, BBM diturunin atau minta anggaran dana buat tanam 1000 pohon atau budidaya mangrove? Sambil ngungkit-ngungkit penyakit tikus berdasi yang jadi hama Negara kita? Wow… It’s too hard untuk suatu langkah awal… Suatu perubahan besar hendaknya dimulai dari langkah-langkah kecil. Apa? Banyak sih… Misalnya bangun pagi, ke kampus jalan kaki atau naik sepeda hitung-hitung irit uang jajan sekaligus mengurangi polusi udara. Atau, diskusi dengan teman2 seorganisasi,apa lagi kalau kamu itu dirjen Lingkungan (Hiks..Hiks… minta maaf yang sebesar-besarnya untuk para pasukan pengendali lingkungan yang lain, aku gak bisa hadir untuk ngikuti kajian lingkungan karena suatu dan lain hal…Tapi sebagai gantinya, aku posting tulisan ini aja deh ^^)… Loh Ze, kok curhat?! Back to the topic, kamu juga bias buat PKM tentang sesuatu yang bisa mengatasi masalah lingkungan. Bertepatan di hari lingkungan hidup sedunia ini, waktu iseng-iseng ngerumpi di kelas dengan teman-teman, gak sengaja ingat kemarin ada salah satu teman yang kelabakan cari informasi mengenai boneka Horta…Boneka apa tuh? Langsung deh aku searching, dan yang ku temui gambar-gambar boneka lucu seperti ini:

Sebenarnya boneka horta ini sudah ada sejak sekitar 8 tahun yang lalu, hanya saja sekarang lagi boomingnya. Kisah awalnya Pengembangaan produk boneka horta, dimulai sejak tahun 2004 lalu. Boneka ini diperkenalkan oleh seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Produk boneka horta sendiri merupakan hasil kreasi mahasiswa dalam program kreativitas mahasiswa (PKM) di IPB. Waktu itu ada dosen yang meminta agar ada boneka yang bisa ditumbuhi tanaman. Nama “horta” adalah kepanjangan dari “horti kultura” . Boneka rumput horta adalah suatu media tanam yang dikemas dalam bentuk boneka yang apabila disiram setiap hari pada bagian atas kepalanya akan ditumbuhi rumput atau semacam rambut pada manusia. Boneka horta bisa menjadi salah satu alternatif mainan baru yang edukatif kreatif dan imajinatif untuk anak-anak. Selain itu, anak-anak dapat belajar mengamati pertumbuhan tanaman sambil bermain. Permainan ini dimulai ketika anak merendam boneka dengan air dan menyiram kepala boneka setiap hari dan mengamati pertumbuhan rumput setiap hari. Apabila rumput sudah tumbuh terlalu tinggi, maka anak-anak dapat memangkas rumput sesuai dengan gaya dan keinginan anak. Boneka horta dibentuk dari bahan serbuk gergaji, yang dibungkus oleh kain kasa. Didalamnya di masukan pupuk dan bibit rumput. Proses pertumbuhan rumput bisa terjadi pada hari ketiga setelah dilakukan penyiraman setiap hari. Rumput boneka horta bisa bertahan hingga 3 bulan. Boneka horta bisa dibuat sendiri loh… Yuk kita siapkan bahan-bahannya :

– serbuk gergaji

– kaos stocking atau kain kasa

– bibit rumput – pupuk (untuk pupuk dan rumput, kalian bisa membelinya di toko-toko tanaman)

-benang – hiasan untuk memperbagus boneka horta (seperti kancing, atau pita warna warni)

– wadah untuk merendam boneka Horta

Cara membuat :

1. Campurkan serbuk gergaji dan pupuk.

2. Masukkan bibit rumput ke kaos stocking atau kain kasa, dengan posisi sesuka hati (bibit rumput yang kalian masukkan nantinya akan tumbuh dengan sendirinya di bagian yang kalian inginkan)

3. tambahkan serbuk gergajii secukupnya.

4. ikat bagian-bagian yang ingin dibentuk , misal bagian kepala, tangan atau kaki.

5. Hias dengan hiasan yang uda disiapkan, misalnya kancing untuk mata, hidung dan mulut.

6. letakkan boneka Horta yang sudah jadi di dalam wadah yang berisikan air secukupnya (tapi jangan sampai terendam ya sahabat orbit). Nah, boneka Horta kita sudah jadi deh, kita bisa membuat berbagai macam bentuk boneka horta, horta panda , horta kura , horta gajah , horta sapi dan masih banyak lagi. Pertumbuhan rumput akan muncul , setelah dilakukan penyiraman selama 3 hari. jangan lupa untuk selalu merawat tanaman kalian ya!…..

Ada Komentar ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s