GIV3727 -Teman baru untuk Sakarin


soft_drink-cans                Pemanis buatan yang rendah kalori seperti sakarin dan Acesulfame-K dikenal sebagai pemanis buatan yang kadar manisnya paling tinggi yakni 400-700 kali lebih manis daripada sukrosa. Pemanis buatan seperti ini sering kali sebagai tambahan pada minuman softdrink, permen, selai roti, dan makanan manis lainnya. Karena tingkat kemanisannya yang begitu tinggi, penggunaan sakarin hanya pada dosis yang sedikit, namun apabila takarannya tidak sesuai akan menimbulkan rasa getir dan pahit sesaat setelah dikonsumsi. Rasa pahit ini sangat mengganggu, namun juga dapat menjadi indikator apakah bahan pangan tersebut menggunakan pemanis alami atau pemanis buatan. Karena tidak semua orang cocok mengonsumsi pemanis buatan.

Baru-baru ini suatu penelitian menemukan cara untuk menghilangkan rasa pahit yang ditimbulkan oleh pemanis buatan yakni dengan menggunakan GIV3727 (4 – (2,2,3 trimethylcyclopentyl) asam butanoic)

. Bahan kimia ini bekerja dengan prinsip menghalangi reseptor rasa pahit di lidah.  Telah dikembangkan dalam studi tersebut,penambahan anti-reseptor rasa pahit GIV3727 ke sakarin dan Acesulfame-K dapat mengurangi rasa pahit yang ditimbulkan oleh pemanis buatan tersebut secara signifikan dibandingkan jika tidak ditambahi GIV3727.

              Jay Slack, seorang ahli biologi molekuler di Givaudan Flavors Corporation di Cincinnati, Ohio, dan rekannya telah menemukan senyawa hambar, disebut GIV3727 yang bertindak seperti sebuah rudal presisi – hanya memblokir reseptor rasa pahit spesifik yang dipicu oleh pemanis buatan sakarin dan Acesulfame K.

Ini adalah senyawa penghambat pahit pertama yang secara langsung menargetkan reseptor rasa pahit, kata Slack, yang berarti tidak boleh mengganggu selera lain jika ditambahkan ke makanan dengan kesan pahit.

             Sejumlah zat termasuk garam dapur yang dikenal untuk melawan persepsi rasa pahit. Namun, ada masalah dengan senyawa ini: kita tidak tahu bagaimana mereka bekerja, mereka tidak spesifik untuk rasa pahit, atau mereka tidak dapat mengurangi rasa tetapi justru menambahkan rasa. Untuk mengidentifikasi penghambat pahit, Slack dan rekannya menerapkan metode screening yang digunakan dalam penemuan obat. Mereka merekayasa genetika sel ginjal untuk mengekspresikan reseptor pahit yang mengikat sakarin dan Acesulfame K.

               Disisi positif,orang-orang akan lebih mudah menelan obat jika ada bahan kimia yang ditambahkan untuk menghambat rasa pahit yang ditimbulkan pada obat.

bébé mangeant

               GIV3727 bisa dicampur dengan pemanis untuk mengimbangi sensai pahit diakhir, kata Slack. The US Food and Drug Administration telah menyetujui GIV3727 untuk digunakan sebagai bahan tambahan makanan dan obat-obatan

               Namun, Slack memperingatkan bahwa senyawa tersebut tidak mungkin untuk meredam semua rasa pahit. Tetapi beberapa pihak sangat ingin melihat apakah hal itu bisa meredam rasa pahit pada beberapa antibiotik, agar dapat ditelan oleh anak-anak. Pemahaman tentang cara kerja GIV3727 mungkin juga mengarah pada identifikasi cara-cara baru untuk memodulasi reseptor rasa pahit dan lainnya yang digunakan dalam persepsi rasa.

candy-jelly_00377245

Kemampuan untuk menghambat aktivasi dari reseptor rasa pahit dapat memiliki efek luas jika digunakan tidak hanya pada dua jenis pemanis buatan, tetapi juga makanan lainnya, minuman, selai, dan gula rendah kalori.

     Apa bila senyawa kimia ini digunakan, maka akan semakin banyak produksi pangan yang tidak sehat. Semua orang mengenyampingkan bahaya dari makanan yang mengandung pemanis buatan berlebih. Perlu diingat dalam pembuatnya, pemanis buatan merupakan senyawa kompleks yang terdiri atas berbagai jenis senyawa-senyawa kimia. Beberapa bahkan tidak dianjurkan untuk tubuh kata akan sulit diurai.Selain itu dengan adanya penghambat pahit ini akan semakin banyak kandungan-kandungan kimia yang dimasukan kedalam makanan. Belum ada penelitian lebih lanjut mengenai keamanan GIV3727. Ini jelas trik untuk menipu indera kita.  Setuju atau tidak, hidup sehat adalah sebuah pilihan.

Ada Komentar ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s