Satonda Island: The Golden Beach


DSCN0896

     Beberapa waktu lalu aku ikut agendanya Sumbawa Backpacker, mumpung liburan semester heheh dan tujuan kita ke Satonda. Dari Sumbawa kita berangkat ke satonda melewati jalur air, lebih cepat dari jalur darat. Banyak hal unik selama perjalanan, tapi yang mengesankan adalah waktu melihat kelompok lumba-lumba bermigrasi (maaf gak sempat dokumentasikan). waktu perjalanan kira-kira 2 jam.

??????????

      Pulau satonda adalah pulau kecil berbentuk cincin, karena ditengahnya terdapat danau dengan bingkai penggunungan hijau di sekelilingnya. bagus deh! Orang daerah setempat menyebutnya danau Motitoi, kita bisa mandi dan berenang atau bermain kayak didalam danau pada umumnya, namun yang membuat danau ini istimewa dan lain dari biasanya adalah airnya mengandung kadar garam yang tinggi, bahkan konsentrasinya lebih tinggi dibandingkan dengan air laut. View yang paling bagus nih ketika matahari terbit, saat itu matahari sangat dekat dengan pegunungan dan bayangannya terpantul di danau sehingga memberi kesan pemandangan matahari ganda, keren banget deh.

10548115_894366867257908_3027329468138334320_o1

2

     Di tepi danau motitoi juga ada yang unik, sebut aja pohon harapan. Pohon apa ya jenisnya ini, aku kurang tau tapi pohon ini banyak sekali gantungan karang bertuliskan harapan orang-orang, terus juga ada yang gantungin botol yang isinya kertas dan pernak-pernik lainnya (tapi kebanyakan karang sih). Tapi tenang aja, Pohon harapan cuma satu, jadi selain pohon harapan, kita gak boleh gantungin benda asing ke pohon-pohon lain, kalau semua digantungin kan kasian pohonnya😦

20140803_074222
3

4

Danau satonda tampak lebih indah jika dilihat dari atas bukit, cukup berjalan mengitari puncak bukut sebentar. Dari sana kamu bisa melihat pesona danau Motitoi serta pemandangan indah pulau Moyo dan Gunung Tambora. Sambil leha-leha hehehe oh ya jangan lupa bawa persediaan air minum waktu mendaki bukit, biar gak dehidrasi😀

6

5

         Puas dua hari satu malam menikmati indahnya satonda, kita juga mampir ke teluk calabay, Tengkyu yah yang udah nyamperin dan ngajak berkunjung ke tempat penakaran trumbu karang dan penyu ini. Yaap! disana kita tentu aja belajar menanam bibit trumbu karang, dan….. kita juga “snorkeling“-an, yeeeeaaa!

IMG_0004

IMG_0020

IMG_0006sumber : Pengalaman Pribadi & mail archive 

Photo by Zenith & Dilla

5 thoughts on “Satonda Island: The Golden Beach

Ada Komentar ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s