Prosa : Setoples Permen


Aquila Circinus Candy Mungkin aku ini seperti anak kecil maniak permen yang sedang belajar. Tidak bisa fokus dan menjadi bengal ketika didekatkan dengan setoples penuh permen warna-warni. Sedikit-sedikit, ku buka toples itu. Permen strawberry, Permen cokelat, Permen jahe, Ah aku sibuk makan permen, padahal harusnya aku belajar.

Guruku menjelaskan, tidak ku hiraukan. Yang aku pikir permen teh hijau dalam mulutku enak juga. Harusnya ku makan dua butir sekaligus. Aih guruku akhirnya sadar, kalau aku makin asik sendiri dengan setoples permen yang ada didekatku. Maka diambilnya toples permen itu, dan ditaruhnya di balik punggung agar aku tidak lagi sibuk makan permen dan kembali fokus belajar. Awalnya risau juga tidak bisa makan permen. Ah tak apalah memang harusnya aku belajar.

Semenit. . . Dua menit. . . Aku mencuri pandang melihat toples permen di balik punggung sang guru. Lagi aku tergoda, tidak fokus belajar. Hah. Bahkan hanya dengan mencuri pandang aku sudah merasa senang.

Guruku pusing, aku bengal bukan main. Kini, hendak dibawa pergi toples permen itu. Jauuuh sekali, tidak tergapai tangan dan mata, aroma permennya pun tak ada.

Anak kecil maniak permen yang lantas dijauhkan dari setoples permen karena harus belajar. Bagaimana jadinya?

Murunglah aku, membayangkan tidak bisa lagi makan permen. Dalam sekejap semua permen seperti hanya diawang-awang, padahal baru saja tadi aku makan permen teh hijau, bahkan rasanya masih ada di pangkal lidah.

Tak lama guruku kembali dari tempat persembunyian toples permen. Dirinya berkata “Nah sekarang belajarlah engkau dengan baik, anak kecil. Jika belajarmu membuahkan hasil yang baik, ku berikan setoples permen itu untukmu”

Jadi sekarang aku harus belajar, lebih fokus, lebih giat. Demi setoples permen manis. Yah!

-Sekian

[Prosa dan ilustrasi oleh: Zenith Tacia Ibanez]

Ada Komentar ?

