Resume: Le Petit Prince (3) Terakhir


lepetitprince

Story By : Antoine de Saint-Exupéry

 Lanjutan…

       Kemudian si pangeran bertemu dengan seekor rubah yang meminta Si pangeran kecil untuk menjinakkannya. “Aku hanya mencari teman, apa maksudnya menjinakkan?” Tanya si pangeran kecil. “Jika kau menjinakkan aku, maka kita akan saling membutuhkan. Bagi ku, kau akan menjadi unik di seluruh dunia. Dan bagimu, aku akan menjadi unik di seluruh dunia. Menjinakkan artinya bersedia membangun hubungan” kata si rubah.

         Suatu saat si Pangeran kecil bermain dengan si rubah, mereka pun sampai ke kebun yang penuh dengan bunga mawar. Ia terkejut dan merasa kecewa karena telah mengira si bunga mawar di planet B-612 adalah yang paling spesial. Si bunga mawar mengaku bahwa ia adalah satu-satunya bunga mawar di alam semesta, namun nyatanya di bumi ini tumbuh ribuan bunga mawar dengan sangat rimbun.

Si rubah menjelaskan kepada pangeran tentang cinta, bahwasanya Si bunga mawar diplanet B-612 memang spesial dan hanya satu-satunya di dunia Si pangeran, Spesial karena si pangeran telah merelakan waktu untuk merawatnya dan hanya si bunga mawar itulah yang pangeran cintai. Si rubah juga menjelaskan bahwa Si pangeran kecil sudah menjinakkan si bunga mawar dan si bunga pun sudah menjinakkan si pangeran, dan itulah kenapa sekarang Si pangeran kecil merasa bertanggung jawab atas si Bunga mawar. “Aku harus pulang dan bertemu dengan bunga mawarku” kata si pangeran kecil.

the-little-prince_612x380_0

          Si pangeran kecil telah usai menjinakan si rubah, saatnya ia melanjutkan perjalanan menuju pulang. Ketika si pangeran kecil menyampaikan salam perpisahaannya, si rubah berbisik tentang sesuatu “Aku punya rahasia kecil untukmu, ini sangat sederhana: On ne voit bien qu’avec le cœur, l’essentiel est invisible pour les yeux. (Seseorang dapat melihat dengan sebaik-baiknya melalui hati, karena yang terpenting dalam kehidupan adalah yang tidak terlihat oleh mata)”.

a

        Di perjalanan selanjutnya Si pangeran bertemu dengan seorang penjaga pintu/rel kereta (the railway switchman) yang menjelaskan kepadanya bahwa manusia pergi kemanapun dengan kereta ekspres, namun tidak pernah tahu apa yang mereka cari dan hanya anak-anak yang tahu kemana mereka pergi dan apa yang mereka cari. Ia kemudian bertemu dengan seorang pedagan obat yang dapat menghilangkan haus dan bisa menghemat waktu 53 menit seminggu. Si Pangeran pergi dan berkata jika ia punya waktu sebanyak itu, ia akan pergi dan mencari sebuah mata air. Singkat cerita sampailah Ia kembali ke gurun Sahara tempat pertama kali ia mendarat di bumi. Di gurun ini kemudian Ia bertemu dengan si Pilot yang terdampar.

* * * * *

Bintang-bintang itu indah karena ada bunga yang tidak dapat dilihat, apa yang membuat padang pasir ini indah adalah karena tempat ini tersembunyi dengan baik. Hal yang paling penting adalah apa yang tidak terlihat” Kata si Pangeran kecil ketika mereka duduk bersama dibawah sinar bulan.

         Beberapa hari terjebak digurun sahara yang gersang membuat mereka mulai sekarat karena kehausan, namun akhirnya si pilot dan si pangeran kecil akhirnya menemukan sebuah sumur. Setelah berpikir sejenak, Si pangeran mengucapkan selamat tinggal pada si pilot karena sudah saatnya ia pulang ke planet asalnya. Ia meminta si pilot untuk segera pergi karena seharusnya si pilot tidak boleh melihat bagaimana cara si Pangeran pulang. “Seekor ular akan mengantarkan aku pulang ke planetku, namun karena tubuhku terlalu berat untuk dibawa- jadi ku ijinkan dia menggigitku dahulu”.

Si pilot meninggalkan pangeran kecil dengan berat hati, “Jika kau melihat bintang-bintang, maka kau akan mendengar suara tawaku” kata si pangeran kecil, kemudian ia menghilang dikejauhan.

maxresdefault

tumblr_ngo1qjkAkl1s3vdxvo1_500

SELESAI

Baca juga : Sophie VerdenSupernova:Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh

Ada Komentar ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s